Tips Membuat Cerita Antimainstream agar Menarik Pembaca

Pixabay.com 

    Sebelum kita mengerti tips membuat cerita antimainstream agar menarik pembaca, maka terlebih dahulu kita harus mengenal arti antimainstream dulu. Antimainsteam adalah bisa kita artikan dengan berbeda. Nah, misalnya nih saat kita membaca karya orang lain di novel, cerpen atau di platfom seperti waatpad, novelme, dreams, webnovel atau aplikasi novel lainya yang disana kita menemukan bermacam-macam cerita, yang ceritanya sangat banyak dan membuat kita bingung pilih yang mana. Setelah itu, setelah kita membaca salah satu cerita tadi dan teryata menemukan cerita yang beda dan menarik dari yang lain, sampai membuat kamu tidak bosan membaca, nah ini yang disebut dengan kata antimainstream. tetapi yang perlu kita tahu, sudah banyak cerita yang alurnya biasa-biasa saja tapi banyak yang suka, hal ini karena selera pasar. 

      jadi gini, penulis biasanya menulis ceritanya sesuai yang diminati masyarakat. Contohnya cowok ganteng sama cewek cantik, suamiku ceo, teman tapi menikah, cinta tidak direstu orang tua, nah itu yang sering banyak masyarakat minati, padahal alur ceritanya biasa-biasa saja, kenapa kita tidak mencoba dengan yang luar biasa, apakah bisa kita menciptakan cerita yang alunya tidak mudah ketebak? sangat bisa. Nah kali ini ada beberapa tips membuat cerita yang antimaistream agar menarik pembaca

1. Lihatlah hal-hal nyata yang ada di sekitar kamu


                                                                 Pixabay.com

        Masalah-masalah yang ada di sekitar kita, itu bisa kita jadikan cerita, misalnya nih kita habis patah hati karena dia berubah, atau ada orang ketiga. Itu sangat bisa kita jadikan tambahan referensi dalam bercerita, jadi kita mengambil kisah hidup nyata kita, lalu kamu coba kolaborasikan dengan kratifitasmu sendiri. Misalnya kita mengoloborasikan genre romantis dan horor, ada seseorang kekasih yang ingin melanjutkan ke jenjang pernikahan, tetapi sifat perempuanya jadi berubah, kira-kira berubahnya karena apa? berubahnya karena dia jadi hantu kuntilanak. Nah kan gak ketebak tuh, biasanya kan, alah nih alur cerintanya pasti perempuanya berubah karena ada orang ketiga. Ehh kata siapa, berubahnya karena jadi hantu kuntilanak heheehe.

2. Karakter Kuat dan Memikat


            Pada tips kedua kali ini, sangat penting menciptakan karakter yang kuat dalam tokoh cerita, karena para pembaca akan lebih mengingat cerita kamu. Kalau misalnya kamu membuat karakter tokoh antagonis, nah itu kamu harus menuliskan tindakan jahat dalam cerita itu seperti apa, agar nantinya para pembaca bakal ngerasaain feel yang kamu buat. Kayak tohohnya itu nyata, terasa hidup, unik, dan berbeda. Jadi kita harus mencintakan karakter yang kuat dan setiap tokoh memiliki karakter yang berbeda. Tapi disini saya menyarankan kepada teman-teman untuk tidak merubah karakter tokoh, yang mana tokoh berkarakter baik tiba-tiba suka membunuh orang, nah ini akan membuat pembaca kebingungan dan bosan pada cerita anda, diusahakan selalu konsisten pada karakter tiap tokoh dalam cerita.

3. Mengambil Konsep yang Ada di Pasaran


Pixabay.com

    Perlu diingat, bahwa kita boleh-boleh saja mengambil konsep yang sama dengan selera pasar. Tapi perlu kita lakukan modifikasi dala cerita tersebt perlu malakukan perombakan karakter, dan beri sedikit percikan, misalnya kita tambahi dengan humor agar kesanya tidak monoton.  Dan pada ending cerita, ini tolong pilih sad atau happy ending aja, jangan kita membuat ending yang mengantung. Itu benar-benar membuat pembaca kecewa.

4. Mencari Referensi dari Berbagai Film dan Novel

Pixabay.com

    Nah cara yang terakhir dengan mencari, sumber referensi dari menonton film dan membaca novel, atau bisa saja kita mengoloborasikan film dan novel yang sudah kita lihat, kita gabungkan keduanya sehingga mencipatakan alur yang tidak mudah ditebak. Pada bagian akhir cerita lebih baiknya kita sisipkan amanat yang dapat dikenang oleh pembaca. 

      Itulah tips dariku membuat cerita antimaistream agar menarik dari pembaca, semoga artikel ini bermanfaat dan membantu teman-teman untuk menciptakan cerita yang unik dan beda dari yang lain. Mohon maaf jika ada kesalahan dalam artikel ini saya mohon maaf sebesar-besanya. Terima kasih sudah berkunjung di blog saya. Jika ada pertanyaan silakan tulis di kolom komentar. 





0 komentar: